CINTAI BUMI MU

petadaun

Hai agan dan sis Nama saya Alfiansa Jalilur Ridho panggil aja Alfiansa saya sekarang ingin ngepost tentang yang saya rasa tentang bumi ini mungkin sebagian agan dan sis mengalami nya juga ….

Hmm kaga usah panjang Lebar saya ceria in ….

Agan dan sis sering ngeliat orang buang sampah sembarang tempat contoh Sekolah ,Kendaraan UMUM , Halte , Pasar , dll agan dan sis sering berfikir kaga? . Kalo 1 Orang buang sampah dalam sehari itu misal nya ada 10 sampah dalam sehari dari muai sampah besar sampe sampah kecil (Bungkus Permen). jangan salah gan dan sis sampah seperti bungkus perman pun bisa menyebabkan banjir loh dari sampah kecil itu bisa menghalang arus pembuangan air dari sampah kecil menumpuk-menumpuk lama- lama makin banyak yang menghalangi air untuk mengalir , dari kecil bisa lama-lama jadi bukit.
Nah itu baru 1 orang yang buang sampah itu pun dari bungkus perman Bagai mana kalo penduduk Se-DKI Jakarta yang membuang nya . Gak kebayang gan dan sis kalo Jakarta Nanti nya bakal di sebut “Kota sampah” pasti agan dan sis tidak suka kan kalo Tempat tinggal kita dibilang begitu . kalo saya pasti sangat marah kalo ada yang bilang seperti itu.

Oiya Nih gan saya pernah wawancara in masyarakat di daerah Marunda Rorotan dan daerah puncak , pas Meneliti di daerah puncak itu masalah nya selokan yang banyak sampah jadi saya dan tim saya Mewancarain Masyarakat dan kepala desa di sekitar penelitian Baca Juga Laporan Hasil Penelitian , pas meneliti di daerah Marunda itu saya ada kegiatan disana dan disuruh me-wawancara in warga sekitar. pertama-tama si saya lihat tempat nya tidak begitu “Penuh sampah” pas saya wawancara in ternyata warga sekitar itu sampah nya pada diBakar…Nah lo lalu saya berfikir pada hal setau saya kalo sampah dibakar sama saja kita nyampah di udara dengan asap sampah itu bisa bikin global warming suhu rata – rata pada permukaan Bumi telah meningkat 0,74 kurang lebih 0,18 C (1,33 kurang lebih 0,32) selama seratus tahun terakhir.

Jangan Menebang pohon !!

Maka dari itu jangan menebang pohon tanpa izin, Kita tau kalo pohon penghasil oksigen dibumi tapi ada yang lebih besar pemberi oksigen di Bumi yaitu Plankton karna pelankton penghasil 80% oksigen di Bumi kalo pohon hanya menyumbangkan oksigen sekitar 20% untuk Bumi . walau pun begitu tetap saja pohon adalah paru-paru bagi Bumi. Saya suka sedih atas apa yang terjadi di Dki jakarta pohon di tebang untuk di jadikan gedung bertingkat kaya nya Hutan kita yang dulu bukan yang sekarang dulu pepohonan sekarang gedung bertingkat .

Contoh Penyempitan lahan di daerah Rumah saya ... sangat mengarukan

Contoh Penyempitan lahan di daerah Rumah saya … sangat mengarukan

Taukah kamu kalo Jakarta memiliki jumlah mall terbanyak di dunia !!

“Jakarta dinilai sebagai kota megapolitan yang mempunyai jumlah mal terbanayak di dunia”

“HEAL THE WORLD MAKE IT A BETTER PLACE FOR YOU AND FOR ME AND THE ENTIRE HUMAN RACE”

Tau l di atas? Jadikan lah semboyan dan ingatlah selalu!!!

“SELAMATKAN DUNIA , JADIKANLAH BUMI INI TEMPAT TINGGAL YANG LEBIH BAIK UNTUK MU , UNTUKKU , DAN SEMUA UMAT MANUSIA”

TAHUKAH KAMU??
1. Kertas , lama penguraian 6 bulan
2. kulit buah , lama penguraian 6 bulan
3. kardus/karton , terurai 5 bulan
4. filter rokok , terurai 10-12 tahun
5. kantong plastic ,10-12 tahun
6. Benda-benda kuli t , 25-40 tahun
7. Kain nilon , 30-40 tahun
8. Jaring ikan , 30-40 tahun
9. Alumunium , 80-100 tahun
10. Baterai bekas , 100 tahun
11. Plastic , 50-80 tahun
12. Botol kaca , perlu 1 juta tahun untuk hancur tanpa bekas
13. Botol plastic , tidaak dapat diperkirakan waktu hancurnya
14. Styrofoam , tidak dapat hancur

Gan dan sis untuk yang styrofoam/gabus sekarang udah di temuin cara menguraikannya caranya gini gan Tolong di simak dan Beritahu yang lain ya … :

Kulit jeruk diparut lalu diambil airnya (ingat gan dan sis bukan air jeruknya tapi air kulit jeruknya). lalu disiram/diteteskan ke styrofom langsung terurai deh  sebenarnya saya dapat cara nya dari Kaskus gan dan sis tapi saya sudah coba kok ampuh tapi harus banyak kulit jeruk nya soal nya kalo di keruk kulitnya air nya dikit jadi harus banyak jadi bisa menguraikan nya dengan keseluruhan nya .

Sebenarnya ada gan yang namanya sampah menjadi energi listrik , ini sudah dipakai dikampus ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya) Cuma memang dukungan pemerintah belum ada jadi tidak lanjut untuk mengadakan dan mengambangan lebih besar masih belum ada.

Cara kerja nya :

Yang digunakan untuk pembangkitan listrik yakni sampah jenis plastic . limbah ini nantinya dibakar supaya berubah menjadi uap air , Nah tekanan tinggi akibat prosses pembakaran inilah yang menggerakkan ketel ke generator. Prosses pengolahan sampah untuk menjadi energi listrik sendiri melalui program pengolahan sampah di ITS akan dilakukan dengan tiga cara, yakni pembakaran,gasifikasi dan fermantasi.

Pada prosses pembakaran hingga mencapai 600 bar , sampah yang telah di pilih akan dikelompokan dalam beberapa katagori. Lalu panas dari pembakaran tersebut di alirkan ke turbin untuk menggerakn generator dan menghasilkan listrik . kategori sampah anorganik yang tidak bernilai ekonomis akan dibakar dalam insenenator dan dimanfaatkan untuk memanaskan ketel.

Caram lain yang bisa dilakukan adalah dengan metode gasifikasi.metode ini berbeda dengan metode sebelumnya karena tidak dilakukan pembakaran .dalam metode ini , sampah yang berupa biomassa akan diubah menjadi synthetic gas yang kemudian akan dimurnikan kembali.gas yang telah dimurnikan tersebut akan digunakan sebagai bahan bakar mesin diesel atau mesin bensin .

Cara ke 3 metode fermantasi.diakui olehya metode ini belum pernah diterapkan pada sampah.
Untuk 4 sampai 6 jam beroperasi, alat pembangkit listrik tenaga sampah ini dapat menghasilkan energi listrik sebesar 2 kilo watt dan listrik tersebut dapat langsung di gunakan dan juga bisa di simpan dalam baterai atau accu untuk penerangan malam hari

Dan detail mesin :
Pembuat : bambang sudaramata , dosen teknik mesin intitusi teknologi sepuluh nopember (ITS surabaya) tahun pembuatan 2012.

sumber pengoalah sampah menjadi listrik : Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

Udah ya gan dan sis tentang “CINTAI BUMI MU” sampe disini dulu… ingat sampah bisa jadi TEMAN bisa juga menjadi MUSUH yang berbahaya  Alfiansa pamit undur diri

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s